Rahasia Penulis Best Seller Adalah Paham Segmentasi Pasar! Apa Maksudnya?
Segmentasi pasar nyatanya tidak hanya dibutuhkan bagi para pebisnis dan pengusaha saja! Namun, profesi penulis juga perlu memahami ilmu ini agar hasil karyanya bisa dijamah oleh kalangan yang lebih luas.
Nah, tapi banyak orang kebingungan dan sering menganggap bahwa segmentasi target dan target pasar adalah dua hal yang sama. Nyatanya kedua istilah ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan! Untuk tahu lebih jelas, baca artikel ini hingga tuntas!
Segmentasi Pasar VS Target Pasar, Apa Bedanya?
Sebelum membahas apa perbedaan dari keduanya, Anda perlu tahu bahwa segmentasi pasar dan target pasar adalah dua hal yang memiliki fungsi sama, yakni sebagai dasar pembentukan strategi marketing and sales. Tentu saja, penulis juga harus paham mengenai ilmu marketing and sales jika ingin bukunya laris manis di pasaran.
Maka dari itu, penting untuk mempelajari dan memahaminya agar Anda dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat sasaran.
Jika dilihat dari segi definisi, segmentasi pasar adalah pengelompokan konsumen yang nantinya akan dipilih menjadi target pasar. Sedangkan target pasar adalah sekelompok konsumen dengan ciri khas yang sama dan memiliki kemungkinan besar untuk membeli produk atau jasa Anda.
Jadi, bisa dibilang target pasar adalah scope lebih kecil dari segmentasi pasar yang memiliki cakupan lebih luas seperti berdasarkan demografi, geografi, perilaku, psikografis dan bahkan agama serta kepercayaan. Nah, sebagai penulis pemula, Anda perlu menentukan segmentasi terlebih dahulu sebelum menentukan target pasar.
Sebab, Anda akan mengalami kesulitan pada saat proses menulis jika tidak melakukan pengelompokan kategori konsumen terlebih dulu. Lalu, bagaimana caranya menentukan segmentasi yang tepat untuk penulis? Simak cara-cara berikut ini!
Ini Cara Menentukan Segmentasi Pasar!
Sebagai seorang penulis, Anda tentu ingin karya Anda dibaca oleh orang-orang yang benar-benar membutuhkan, menyukai, dan meresapi hasil tulisan Anda, bukan? Nah, di sinilah peran penting dari segmentasi pasar!
Bayangkan Anda sedang menulis buku motivasi untuk mahasiswa, tetapi tidak menyesuaikan gaya bahasa dan isinya dengan kehidupan sehari-hari mereka. Bisa jadi, pesan yang ingin Anda sampaikan justru tidak tersampaikan dengan tepat.
Inilah pentingnya segmentasi — fondasi utama yang harus dipikirkan sebelum mulai menulis. Bahkan, idealnya Anda sudah menentukan segmentasi pasar sejak sebelum menulis draf pertama!
Untuk memudahkan Anda dalam mengelompokkan konsumen dan pembaca, maka Anda bisa menggunakan parameter ini sebagai acuan!
-
Segmentasi Pasar Berdasarkan Demografis
Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengelompokkan konsumen adalah dengan mengetahui demografis mereka. Langkah ini terbukti memudahkan para pemilik bisnis bahkan penulis untuk menentukan siapa saja target market mereka.
Biasanya di aspek demografis, klasifikasi akan dibedakan berdasarkan usia, jenis kelamin, status pendidikan, dan pekerjaan dari si pembaca. Misalnya, Anda ingin menulis buku bisnis. Maka, perlu melakukan segmentasi pasar dengan mengelompokkan konsumen berdasarkan demografisnya.
Apakah usianya termasuk remaja? Dewasa awal atau 30-an? Setelah itu Anda bisa mengklasifikasikan berdasarkan pekerjaan dan latar belakang pendidikan pembaca.
-
Segmentasi Pasar Berdasarkan Geografis
Segmentasi pasar berdasarkan demografis saja tidak cukup untuk menentukan target audiens Anda. Karena itu, penting untuk menambahkan parameter lain, seperti segmentasi geografis.
Perlu dipahami bahwa lokasi tempat tinggal calon audiens turut memengaruhi budaya, kebiasaan, dan cara pandang mereka. Misalnya, gaya hidup di daerah urban dan rural tentu berbeda, dan hal ini akan berpengaruh pada bagaimana mereka menyikapi suatu isu atau informasi.
Pemahaman ini sangat berguna untuk menyesuaikan gaya bahasa dalam komunikasi. Misalnya, jika Anda ingin mengajak para ibu di pedesaan untuk memulai bisnis UMKM, maka gaya bahasa yang digunakan sebaiknya lebih sederhana, membumi, dan bersifat persuasif.
-
Segmentasi Pasar Berdasarkan Psikografis
Nah, jika Anda ingin menulis buku-buku dengan genre fiksi dan self-improvement maka Anda perlu memahami segmentasi pasar berdasarkan psikografis audiens.
Di aspek ini mencakup beberapa klasifikasi yang mengacu pada minat, gaya hidup, nilai-nilai yang dipegang, dan personality. Hal ini penting untuk diketahui karena setiap psikografis audiens bisa sangat berbeda-beda.
-
Segmentasi Pasar Berdasarkan Perilaku Pembaca
Terakhir, Anda juga bisa melihat segmentasi pasar dari segi perilaku pembaca. Misalnya, apakah mereka lebih suka membaca buku fisik atau e-book? Apakah mereka tertarik membeli buku karena rekomendasi dari influencer?
Memahami perilaku pembaca akan sangat membantu Anda dalam menyusun strategi penulisan yang tepat, sehingga proses menulis bisa berjalan lebih lancar dan hasilnya lebih efektif. Selain itu, segmentasi berdasarkan perilaku ini juga membawa banyak manfaat lainnya. Kira-kira, apa saja manfaat tersebut?
Manfaat Segmentasi Pasar bagi Penulis!
Jika Anda sudah memahami dengan betul bagaimana caranya menentukan segmentasi pasar yang baik dan benar, Anda pasti akan merasakan manfaat-manfaat ini terjadi di dalam proses penulis buku Anda.
-
Lebih Fokus dalam Menentukan Topik dan Gaya Penulisan
Seperti yang sudah Anda ketahui, menentukan segmentasi pasar sejak awal proses penulisan buku akan sangat membantu dalam memilih topik dan menentukan gaya penulisan yang tepat.
Dengan begitu, tulisan Anda akan lebih fokus, terarah, dan proses penulisannya pun bisa berlangsung lebih efisien. Bandingkan dengan situasi di mana Anda sama sekali tidak memiliki gambaran tentang siapa audiensnya—tentu proses menulis akan terasa jauh lebih rumit dan membingungkan, bukan?
-
Memudahkan Proses Promosi Buku Secara Tepat Sasaran
Tanpa data tentang audiens yang dituju, Anda akan kesulitan saat memasarkan buku. Sebaliknya, jika Anda sudah memahami siapa pembaca Anda, proses menulis dan memasarkan buku akan jauh lebih mudah dan terarah.
Dengan mengetahui segmentasi pembaca, Anda bisa menciptakan konten yang relevan, menggunakan gaya bahasa yang sesuai, serta memilih strategi promosi yang tepat sasaran. Misalnya, Anda bisa menentukan platform promosi yang paling efektif, menggandeng influencer yang sesuai dengan target pembaca, atau bahkan menyusun kampanye peluncuran buku yang lebih personal dan berdampak.
Setiap penulis tentu ingin bukunya laris dan menjadi best seller. Nah, impian itu akan lebih mudah tercapai ketika penulis sudah paham siapa yang ingin mereka ajak bicara melalui buku yang ditulisnya!
-
Membangun Branding Sebagai Penulis yang “Mengerti Audiens”
Jika Anda mengamati tren penulisan buku di era sekarang ini, Anda akan menemukan bahwa banyak penulis yang sudah pintar dalam mengerti audiensnya. Terbukti dengan banyaknya penulis-penulis ”kecil” yang berhasil menjual bukunya hingga mendapatkan best seller!
Hal ini terjadi karena mereka berhasil memahami kebutuhan pembaca. Jika mengambil contoh dari penulis besar seperti Tere Liye, coba perhatikan karya-karyanya yang selalu konsisten dalam genre sosial, seperti hubungan antara anak dan orang tua, persahabatan, serta perjuangan hidup. Nah, jika dianalisis Tere Liye sudah menemukan zona nyamannya sebagai penulis karena telah memiliki target pasar tersendiri. Terbukti dengan banyaknya karya Tere Liye yang laris manis di pasaran meskipun sudah lama diterbitkan.
Menulis Tanpa Segmentasi Pasar, Seperti Menebar Jala di Laut Kosong
Judul di atas seakan menggambarkan realita bahwa penulis akan merugi jika tidak menentukan segmentasi pasar di awal tahap penulisan. Menentukan segmentasi bukan berarti membatasi kreativitas, justru sebaliknya, ini membantu memperjelas arah tulisan Anda.
Dengan mengetahui kepada siapa Anda berbicara, tulisan yang Anda buat akan terasa lebih hidup dan bermakna. Namun, agar tidak keliru dalam menentukan segmentasi pasar, Anda mungkin membutuhkan bantuan dari pihak lain, termasuk profesional. Terutama bagi penulis pemula, menentukan segmentasi pembaca sering kali menjadi tantangan tersendiri.
Tapi tenang, Anda sudah berada di tempat yang tepat! Kami siap membantu Anda menentukannya secara akurat. Bukan hanya itu, kami akan mendampingi prosesnya dari awal hingga akhir!
Jadi, tunggu apa lagi? Hubungi kami sekarang dan dapatkan informasi selengkapnya mengenai segmentasi pasar hanya di https://jasapenulisprofesional.com/.