Cara Cepat Bikin Buku: Solusi untuk Anda yang Sibuk tapi Ingin Punya Buku Sendiri

Apakah ada cara cepat bikin buku tanpa harus mengorbankan banyak waktu dan energi? Jawabannya: ADA!

Banyak orang bermimpi memiliki buku sendiri. Mungkin Anda salah satunya. Membayangkan nama Anda tertera di sampul buku tentu membanggakan. Lalu, Anda mungkin berpikir tinggal menulis saja. Namun dalam kenyataannya, pembuatan buku membutuhkan lebih banyak waktu, tenaga, dan ketekunan daripada yang dibayangkan.

Tidak sedikit yang akhirnya menyerah di tengah jalan karena merasa terlalu rumit dan memakan waktu. Maka, salah satu jalan pintas paling efektif adalah dengan menggunakan jasa ghostwriter.

Apa Itu Ghostwriter?

Ghostwriter adalah penulis profesional yang membantu Anda menulis buku berdasarkan ide, cerita, dan pengalaman Anda. Mereka bekerja di balik layar, menuliskan isi buku seolah-olah Anda sendiri yang menulisnya. Dengan bantuan ghostwriter, Anda tidak perlu pusing memikirkan teknis menulis, tetapi tetap menjadi pemilik ide dan cerita dalam buku Anda.

Dengan kata lain, menggunakan jasa ghostwriter adalah cara cepat bikin buku. Jadi, jika sebelumnya pernah mencoba menulis tapi tidak pernah tuntas apa pun kendalanya, berpartner dengan ghostwriter adalah jalan pilihan yang tepat.

Tahapan Proses Cara Cepat Bikin Buku dengan Ghostwriter

Meskipun bekerja sama dengan ghostwriter merupakan cara cepat bikin buku, bukan berarti Anda tidak perlu tahu prosesnya. Agar lebih memahaminya, berikut tahapan lengkap yang akan Anda jalani saat menggunakan jasa ghostwriter.

1. Diskusi Konsep dan Penentuan Spesifikasi Buku

Anda akan diajak berdiskusi tentang bagaimana buku Anda akan dibuat, salah satunya mengenai hal unik yang bisa diterapkan. Selanjutnya, memilih ukuran dan jenis kertas, jumlah halaman, pilihan cetak hitam putih atau full color, hingga jenis cover buku. Spesifikasi ini penting karena akan memengaruhi biaya produksi serta tampilan akhir buku Anda.

2. Pembuatan Teaser Tulisan

Setelah spesifikasi disepakati, ghostwriter akan membuat teaser atau contoh tulisan berdasarkan ide yang Anda sampaikan. Biasanya teaser dibuat dengan dua pilihan gaya bahasa yang berbeda agar Anda bisa menentukan mana yang paling cocok mewakili suara Anda. Teaser ini penting karena akan menjadi acuan keseluruhan buku Anda nantinya.

3. Pembuatan Outline

Outline adalah kerangka yang menjadi fondasi utama isi buku Anda. Ghostwriter akan menyusun outline berdasarkan wawancara awal untuk memetakan ide besar menjadi subbab atau tema-tema yang lebih rinci. Dengan adanya outline, penulisan menjadi jauh lebih terstruktur dan cepat, karena sudah ada alur cerita atau pembahasan yang jelas.

4. Wawancara Konten

Wawancara konten dilakukan untuk menggali lebih dalam semua bahan yang diperlukan dalam penulisan buku. Dengan panduan dari outline, wawancara menjadi lebih fokus, terarah, dan efisien. Anda akan ditanyai tentang ide, pengalaman, data, atau pandangan Anda yang relevan dengan setiap bab.

5. Penulisan Naskah

Setelah semua data terkumpul, ghostwriter akan mulai menulis naskah buku Anda bab demi bab. Anda tidak perlu terlibat langsung dalam proses ini, cukup menunggu sambil melanjutkan aktivitas Anda sehari-hari. Setiap bab biasanya akan dikirimkan secara berkala untuk dikoreksi atau di-review.

6. Review dan Revisi Naskah

Saat bab per bab dikirimkan kepada Anda, saat itulah waktunya untuk melakukan review. Anda akan membaca dan memberi feedback apakah isi sudah sesuai, apakah ada yang perlu ditambahkan, dikurangi, atau diperbaiki. Komunikasi yang intens dan terbuka dalam tahap ini membuat hasil akhir buku benar-benar sesuai dengan harapan Anda.

7. Pembuatan Cover Buku

Sampul buku adalah wajah pertama yang dilihat calon pembaca sehingga perlu dibuat semenarik mungkin. Pada tahap ini, desainer akan membuat beberapa pilihan desain cover yang bisa Anda pilih. Dalam konsep cara cepat bikin buku, membuat desain cover dilakukan paralel atau di saat mendekati akhir penulisan agar waktu produksi lebih efisien.

8. Editing Profesional

Setelah selesai dan sudah mendapatkan persetujuan Anda, naskah akan masuk ke tahap editing. Editor profesional akan menyunting dari segi bahasa, struktur kalimat, gaya penulisan, dan kesesuaian isi agar buku lebih enak dibaca dan sesuai kaidah bahasa Indonesia yang baik.

9. Layouting

Layouting adalah proses pengaturan tata letak naskah ke dalam format buku siap cetak. Layout yang menarik dan profesional akan meningkatkan kenyamanan membaca serta mempercantik tampilan buku Anda. Dalam prinsip cara cepat bikin buku, layouting dilakukan serentak setelah editing untuk mempercepat transisi ke tahap produksi.

10. Proofreading

Sebelum naskah dicetak, tahap akhir pengecekan disebut proofreading. Proofreader bertugas memeriksa lagi keseluruhan naskah, memastikan tidak ada kesalahan teks, kesalahan format, atau ketidakkonsistenan kecil lainnya. Tahap ini adalah lapisan pengamanan terakhir agar buku Anda benar-benar siap cetak dengan kualitas maksimal.

11. Proses Cetak

Setelah semua tahapan di atas selesai dan naskah sudah 100% siap, buku Anda masuk ke proses cetak. Durasi cetak biasanya memakan waktu sekitar dua minggu, tergantung pada jumlah eksemplar yang dipesan. Setelah masuk tahap cetak, Anda cukup menunggu hasil cetakan dikirim ke alamat Anda tanpa harus repot mengurus teknis percetakan.

Kenapa Menggunakan Ghostwriter Adalah Cara Cepat Bikin Buku?

Pilihan menggunakan ghostwriter terbukti sangat membantu karena menawarkan cara cepat bikin buku. Namun, tidak hanya soal durasi pengerjaan, ada beberapa kelebihan yang pasti menguntungkan Anda.

  • Menghemat Waktu: Anda tidak perlu melewati proses menulis panjang sendiri. Sebab, banyak penulis yang gugur karena tidak mampu menyelesaikan bukunya seorang diri. Menggunakan jasa ghostwriter akan memangkas waktu pengerjaan sekaligus memastikan buku Anda tuntas hingga cetak.
  • Hasil Profesional: Ditangani oleh tim yang sudah terbiasa membuat buku berkualitas. Sangat menguntungkan jika setiap proses termasuk penulisan awal langsung ditangani oleh tim profesional. Maka, hasilnya pun dipastikan lebih berkualitas dibanding dikerjakan seorang diri yang tak terbiasa di dunia kepenulisan.
  • Minim Stres: Anda bisa fokus pada aktivitas utama sambil proses buku berjalan. Kegiatan di luar menulis tetap berjalan dengan semestinya adalah kelebihan yang jarang didapatkan oleh orang yang fokus mengejar target terbit buku. Dengan bantuan ghostwriter, buku dapat terbit tanpa mengorbankan waktu dan diri Anda.
  • Buku Tetap Autentik: Meski ditulis orang lain, seluruh ide dan cerita tetap milik Anda. Jadi, tidak usah khawatir tentang konten yang melenceng dari ide utama Anda. Sebab, ghostwriter hanya bertugas membantu menyusun ide tersebut dalam bentuk tulisan, bukan mengubah hingga tak lagi autentik.

 

Jasa Ghostwriter Profesional untuk Wujudkan Buku Anda

Kalau Anda mencari jasa ghostwriter profesional, Alhambra Professional Writer adalah pilihan tepat. Banyak jenis buku yang telah dilahirkan bersama klien ternama. Berpengalaman membantu banyak klien dari berbagai latar belakang, Alhambra akan memastikan buku Anda selesai dengan cepat, rapi, dan tetap berkualitas.

Tidak perlu ragu atau terus menunda. Ide yang sudah lama tersimpan di kepala Anda pantas diwujudkan dalam bentuk buku. Yuk, konsultasikan sekarang juga lewat http://jasapenulisprofesional.com dan mulai perjalanan Anda menjadi seorang penulis dengan cara cepat bikin buku! Wujudkan buku Anda sekarang juga!

Bagikan Ke :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top